UGM dan BPDAS Tanam Seribu Pohon

oleh -

BLORA

Penulis: Supriyanto
Lenterakata.com – Fakultas Kehutanan Univeesitas Gajah Mada (UGM ) bersama BPDAS dan warga sekitar kawasan Hutan Ngrawoh – Nginggil menanam seribu pohon.

Link Banner

Kegiatan dipusatkan di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK). Kegiatan ini bertujuan untuk optimalisasi fungsi hutan dan mensejahterakan masyarakat wilayah Blora selatan.

Wakil Dekan Fakultas Kehutanan UGM Bidang Aset, Dr Rohman mengatakan penanaman dilakukan di area hutan dan pekarangan warga serta pinggir Sungai Bengawan Solo.

“Ada 1000 bibit pohon yang terdiri dari bibit jambu air, jeruk keprok, mangga, nangka dan sirsat. Bibit ditanam di lahan seluas sepuluh hektare,” ujar Rohman, Sabtu (14/12/2019).

Rohman menjelaskan, penanaman pohon merupakan program KHDTK yang dilakukan oleh UGM.

Sebelumnya kawasan hutan hanya ditanami pohon jati yang kurang memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dan kini divariasi dengan penanaman berbagai jenis pohon.

Sementara, Kepala BPDAS, Rochimah menyatakan sangat optimis dengan penanaman pohon meskipun potensi hujan sangat sulit di wilayah Kabupaten Blora.

“Dengan konsep KHDTK ini UGM dan BPDAS telah berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tinggal disekitar hutan,” katanya.

Penanaman pohon itu, kata dia, diharapkan ke depan hasilnya bisa dimanfaatkan masyarakat sehingga bisa menambah penghasilan ekonomi masyarakat.(wie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *