Ketika Puluhan Ribu Naker Berpotensi Terserap Kilang NGRR

oleh -

Penulis: M. Rizqi

Lentarakata.com – Masuknya kilang New Grass Root Refinery (NGRR) di Bumi Wali bakal membawa berkah bagi masyarakat. Selain, masuknya investasi yang besar bakal menaikkan potensi pendapatan dari sektor pajak, retribusi dan lainnya, jumlah tenaga kerja (naker) yang bakal terlibat mencapai puluhan ribu orang.

Link Banner

‘’Berdasar informasi yang kami dengar, ada puluhan ribu tenaga kerja yang akan terlibat,’’ ujar M. Irkham Ketua Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Cabang Tuban, Rabu (9/01/2019).

Dari jumlah itu, naker yang potensi direkrut  mayoritas adalah warga lokal. Atau setidaknya perusahaan akan memprioritaskan warga lokal untuk bekerja di perusahaan tersebut. Sehingga, banyak pemuda-pemuda di Tuban akan terserap pasar kerja di industri migas itu. Inilah salah satu berkah yang diharapkan mampir di Bumi Wali.

‘’Karena lokasi di Tuban, maka warga Tuban nanti akan mendapat porsi yang bagus sebagai naker,’’ tambahnya.

Untuk menyambut pasar itu , lanjut mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini, pemkab Tuban harus mampu mempersiapkan calon tenaga kerja dengan  memfasilitasi warganya untuk diberikan palatihan-pelatihan yang berbasis skill. Pemkab tak boleh diam, namun segera bergerak gesit untuk menyambut berkah yang lebih besar.

‘’Sehingga putra daerah mampu dan bisa bersaing untuk mendapatkan pekerjaan khususnya dalam kilang ini,’’ sebutnya.

Irkham menyebut di tiga tahun pertama bakal ada CSR miliaran rupiah yang mengucur. Dana itu, lanjut dia, harus digunakan untuk meningkatkan kapasitaas warga Tuban. Misalnya untuk membiayai pelatihan-pelatihan yang berbasis peningkatan kualitas skill.

Ibu-ibu rumah tangga juga bisa diberikan pelatihan berbasis pemberdayaan ekonomi. Misalnya membuat jajanan atau sejenisnya sekaligus bantuan modal. Bagi warga yang khususnya ring satu perusahaan yang sudah lanjut usia atau ditak mungkin bisa dipekerjakan juga diperhatikan. Juga berkah-berkah lain yang sangat mungkin berkembang dari keberadaan megaproyek itu.

‘’Sehingga proyek Pertamina-Rosneft ini betul-betul manfaatnya bisa dirasakan oleh warga masyarakat setempat dan seluruh masyarakat Tuban pada umumnya,’’ katanya.[yon]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *