10 Isu Penting Rekomendasi Dewan Pendidikan

oleh -
REMBUK PENDIDIKAN : Upaya Menemukan dan Mencari Solusi Persoalan Pendidikan di Bumi Wali

Oleh: M.Rizqi

Lenterakata.com Rembuk Daerah Pendidikan (RDP) usai digelar Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban. Kegiatan itu, melibatkan seluruh komponen pendidikan dan dunia usaha serta lembaga terkait di Bumi Wali.  Usai rembuk, 10 isu penting terkait pendidikan di Bumi Wali dijaring.

Link Banner

‘’Rekomendasi itu kami susun dan kami serahkan pada Bupati untuk ditindaklanjuti,’’ ujar Wakil Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban M. Syaichon yang memegang mandate ketua Dewan Pendidikan selama Ketua Dewan Pendidikan Sutrisno Rachmat dalam masa pemulihan kesehatan pasca sakit.

Syaichon menjelaskan, 10 strategis itu di antaranya adalah; masih banyak tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang belum memenuhi standar kompetensi, banyak sarana dan prasarana pendidikan di satuan pendidikan dalam kondisi rusak serta tidak memadai. Juga masih banyak anak usia dini yang belum mendapat pendidikan dini atau PAUD.

Selain itu, banyak satuan pendidikan SD dan SMP yang belum memenuhi kebutuhan tenaga pendidik dan kependidikan, karema belum optimalnya pemerataan tenaga pendidik dan kependidikan.  Belum terbangun sinetgitas tripusat pendidikan melalui mekanisme koordinasi dan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan, dalam rangka penguatan pendidikan karakter.

Masalah penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang masih terus muncul setiap tahun, adanya pertentangan kuota atau pagu sekolah negeri dan swasta, adanya dikotomi penyelenggaraan pendidikan umum dengan pendidikan luar sekolah, dan pendidikan luar biasa serta masih belum sinkronnya penyelenggaraan pendidikan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud dan Kemenag.

‘’Masing-masing isu strategis itu sudah dibahas oleh kelompok, dan sudah muncul rekomendasi berdasarkan diskusi dalam kelompok terkait persoalan yang dibahas,’’ ungkapnya.

Mantan Ketua LP Ma’arif NU ini berharap rekomendasi yang dihasilkan dari RDP ini bisa ditindaklanjuti, sehingga dunia pendidikan di Tuban bisa lebih maju dan semakin baik. Sebab, rekomendasi itu merupakan gambaran dan curahan hati para pihak yang berada di dunia pendidikan.

‘’Ya rekomendasi itu gambarannya. Sekian banyak persoalan dunia pendidikan, setidaknya terangkum di rekomendasi itu. Kalau itu ditindaklanjuti, akan semakin bagus dunia pendidikan di Tuban ini,’’ tandasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *