Warga Tuban Juga Rasakan Gempa

oleh -
TAK POTENSI TSUNAMI : Terjadi Gempat di Jawa Timur dan Tidak Berpotensi Tsunami

TUBAN

Penulis : M.Rizqi

Link Banner

Lenterakata.com –  Gempa bumi berkekuatan 6.7 SR yang terjadi Sabtu (10/4/2021) sekitar pukul 14.00:15 WIB dirasakan oleh sejumlah warga di Kabupaten Tuban.
Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa ada di kedalaman 25 Km di bawah permukaan tanah 8.95 LS dan 112.48 BT.

Meski pusat gempa arah barat daya Kabupaten Malang Jawa Timur. Mustika warga Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban mengaku merasakan getaran gempa siang ini. Posisinya saat itu sedang di lantai 2  rumahnya.

‘’Iya saat itu saya menyetrika, meja sama setrikaan kok bergetar sendiri,’’ ujarnya.

Getaran itu dia rasakan sekitar beberapa detik saja selama dua kali. Awalnya dia tidak menyaradi kalau itu akibat gempa. Namun setelah meliaht facebook dan status banyak orang, dia baru tahu memang terjadi gempa.

Hanya, rerata gempa dirasakan saat berada di ketinggian. Misalnya di lantai dua atau lebih rumah atau gedung. Karena yang di lantai satu banyak yang mengaku tidak merasakan gempa.

Hal yang sama disampaikan Laili, staf di Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IANU) Tuban. Dia yang ruang kerjanya di lantai dua juga bercerita kalau staf lain merasakan ada gempa.

‘’Iya, teman-teman merasakan ada getaran,’’ katanya.

Sementara Kepala BMKG Tuban, Rofiq Isa Mansyur saat dikonfirmasi wartawan membenarkan bahwa gempa terasa hampir di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Gempa ini telah dikonfirmasi tidak menimbulkan tsunami.

“Iya, memang ada gempa, tapi tidak berpotensi tsunami. Pusat gempa ada di 90 Km barat daya Kabupaten Malang,” jelasnya.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *