Tuban Zona Merah, Salat Iduladha Ditiadakan

oleh -
DOA BERSAMA : Kemenag Tuban Menggelar Doa Bersama

TUBAN

Penulis : Laidia

Link Banner

Lenterakata.com – Kabupaten Tuban kembali masuk zona merah, atau potensi tinggi penyebaran virus Covid-19. Karena itu, kegiatan perayaan Iduladha seperti salat id, takbir keliling atau kegiatan lain di tempat umum ditiadakan.

Hal ity disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid, usai acara dzikir dan doa bersama, di gedung PLHUT Kemenag Tuban, Jumat, (16/07/2021).

Ia menyampaikan, merujuk surat edaran dari Menteri Agama no 17, SE Gubernur Jawa Timur dan SE Bupati Tuban tentang pelaksanaan hari raya Iduladha di masa PPKM Darurat di sampaikan beberapa hal.

Pertama, pelaksanaan salat Iduladha baik yang dilaksanakan di masjid, ataupun di lapangan untuk sementara waktu ditiadakan, karena Kabupaten Tuban termasuk zona merah.

“Salat Iduladha untuk sementara dilaksanakan di rumah masing-masing,” ujarnya.

Kedua, pelaksanaan takbir keliling untuk sementara juga ditiadakan, dan dilaksanakan di rumah masing-masing.

“Malam takbiran bisa dilaksanakan di masjid atau musala dengan audio visual dan tidak mengundang jemaah yang akan menimbulkan kerumunan atau di rumah masing-masing,” jelasnya.

Untuk penyembelihan hewan kurban harus sesuai syariat Islam dan sebaiknya dilakukan di rumah pemotongan hewan untuk menghindari kerumunan. Pria humoris ini berpesan supaya tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mematuhi 5 M.

“Tuban zona merah, taat dan patuhi aturan, setelah melakukan vaksinasi lahir, imbangi dengan vaksinasi batin, vaksin yang paling mujarab adalah membaca Alqur’an,” katanya.

Sementara Kasi Bimas Islam, Mashari, menjelaskan doa bersama dilakukan untuk membuka pintu langit semoga pandemi segera berlalu. Dia mengatakan doa merupakan ikhtiar batin, memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar pandemi ini segera usai.

Dzikir dan do’a bersama ini dengan tema “Ikhtiar Spiritual Mengetuk Pintu Langit Untuk Keselamatan Bangsa Indonesia”.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *