Tiga Anggota Polres Tuban Donor Plasma untuk Pasien Covid

oleh -

TUBAN

Penulis : M.Rizqi

Link Banner

Lenterakata.com – Tiga anggota Polres Tuban dipastikan bakal mendonorkan plasmanya setelah dinyatakan lolos screening darah. Sebelumnya, sebanyak 28 anggota Polres Tuban Penyintas Covid-19 mengikuti Screening Donor Plasma.

Empat di antaranya dinyatakan layak mengikuti proses pengambilan plasma. Selanjutnya sampel darah milik empat anggota tersebut dikirim ke laboratorium.

Bripka Agung Saputra anggota Satuan Intelkam Polres Tuban sesuai jadwal yang telah ditentukan akan mendonorkan plasma convalesennya.

Dia merupakan pendonor pertama plasma convalesen dari Polres Tuban. Sebelum diambil plasmanya, dicek suhu badannya terlebih dahulu. Kemudian  dilanjutkan pengecekan tensi, dan anamnesa dokter.

Donor plasma tersebut mendapat perhatian serius Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono. Didampingi Paurkes Polres Tuban Aiptu Widodo, Kapolres memantau jalannya donor plasma convalesen di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Jalan Pramuka Tuban tersebut.

“Sakit nggak?,” tanya Kapolres Ruruh kepada Agung yang sedang mendonorkan plasmanya.

“Nggak Komandan, seperti donor darah biasa,” jawab Agung.

Dijelaskan oleh Ruruh dari  28 anggotanya yang lolos uji laboratorium baru 3 yang bisa diambil plasmanya. Sedangkan yang satu dijadwalkan seminggu lagi menunggu hasil observasi laboratorium.

“Iya benar ada yang tertunda karena mungkin waktunya yang belum sesuai. Sementara 3 anggota yang diambil plasmanya,” terang Ruruh.

Sementara Sarju Efendi Humas PMI Tuban menjelaskan, pengambilan plasma convalesen bisa memakan waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam.

Plasma yang diambil sebanyak 600 mililiter. Dianjurkan untuk yang telah mendonorkan plasmanya memperbanyak minum air putih.

“Tidak ada vitamin, hanya perbanyak minum air putih atau minuman ber-ion lalu istirahat sekitar 10-15 menit,”jelasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *