Seni Karawitan di Perayaan Imlek

oleh -

BLORA

Penulis: Supriyanto

Link Banner

Lenterakata.com – Ada yang berbeda pada perayaan Tahun Baru Imlek 2571 yang jatuh pada hari Sabtu Februari 2020 di Klenteng Hok Tik Bio,Blora.

Di tempat ibadah Tri Dharma di Jalan Pemuda No. 38 Kota Blora ini dilaksanakan sembahyangan King Thi Kong dengan nuansa yang tak lazim.

Sebab, saat sesi hiburan bukan musik-musik dan seni khas Tiongkok yang disajikan. Namun justru seni khas Jawa. Ya, seni karawitan yanv disajikan untuk menghibur pengunjung.

Kegiatan dihadiri pengurus Klenteng Hok Tik Bio Blora Bambang Suharto, jemaat Klenteng Hok Tik Bio Blora dan undangan lainnya.

Group karawitan dari SD Kartini Blora yang meraikan acara. Tangan-tangan lincah para siswa yang menabuh gamelan dan peramgkatnya, menyajikan alunan musik yang mendayu-dayu.

“Kegiatan diawali dengan kegiatan sembahyang tahun baru Imlek 2751 oleh jemaat yayasan Tri Dharma Hok Tik Bio Blora,” ujar Bambang saat ditemui di lokasi.

Setelah acara inti baru dilanjutkan hiburan. Di sesi inilah karawitan oleh anak-anak dari SD Kartini Blora itu beraksi.

Ribuan pengunjung memadati kawasan Klenteng tersebut. Begitu juga pedagang kaki lima (PKL) yang menjajakan aneka makanan di kawasan itu.

Bambang Suharto mengatakan, pihaknya akan terus menginformasikan kepada pengunjung yang menyaksikan perayaan malam Tahun Baru Imlek tahun berikutnya akan semakin meriah.

Perayaan malam juga dimeriahkan dengan atraksi Liong dan Barongsai.(wie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *