Semen Indonesia Berikan Pelatihan Scaffolding untuk Pemuda

oleh -
PRAKTEK : Peserta Pelatihan Praktik atas Materi yang Sudah Diajarkan

TUBAN

Penulis: M. Rizqi

Link Banner

Lenterakata.com – Upaya PT Semen Indonesia (Persero) Tbk – Pabrik Tuban untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sekitar wilayah perusahaan, terutama pada usia produktif terus dilakukan.

Kali ini kegiatan yang dilakukan perusahaan semen milik negara ini berupa pelatihan teknisi Scaffolding. Kegiatan ini untuk meningkatkan SDM melalui program Corporate Social Responsibility (CSR),

Dalam kegiatan yang bertajuk “Peningkatan Kompetensi Pemuda Sekitar Perusahaan Melalui Pelatihan Teknisi Scaffolding” itu para peserta diberikan teori dan praktek agar memiliki skill dalam bidang merangkai perancah atau Scaffolding.

Pelaksanaannya selama 4 hari mulai tanggal 11 hingga 14 November 2019 yang diikuti oleh 24 pemuda desa berasal dari desa sekitar Pabrik Tuban.

Senior Manager of Public Relation & CSR Semen Indonesia, Setiawan Prasetyo, mengatakan, tujuan pelatihan scaffolding adalah untuk mempersiapkan sumber daya manusia di sekitar perusahaan agar memiliki keahlian khusus dan siap kerja.

Hal ini mempertimbangkan bahwa industri-industri besar mulai tumbuh di Kabupaten Tuban. Keahlian teknis dalam bidang ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan atau proyek berskala lokal maupun nasional.

Apabila tenaga kerja lokal memiliki keahlian, tentu tidak akan kalah dalam berkompetisi dengan tenaga kerja dari luar daerah. Ditambah lagi, mereka (peserta) diberikan sertifikat untuk membuktikan keahliannya.

“Sertifikat pun tidak serta merta diberikan, namun peserta harus lolos dalam ujian untuk meraih sertifikat yang diterbitkan oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur,’’ ujar Wawan panggilan akrab Setiawan.

Dia berharap, dengan bekal ilmu yang diberikan perusahaan, para peserta mampu mengaplikasikan keahliannya saat bekeja di berbagai sektor usaha industri dan proyek-proyek strategis.

Lebih lanjut, Setiawan mengatakan, dengan pelatihan scaffolding ini diharapkan para pemuda usia produktif yang tergabung menjadi peserta pelatihan, akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan baik di wilayah Kabupaten Tuban, maupun di luar daerah.

Dan otomatis akan meningkatkan taraf hidup keluarganya menjadi lebih sejahtera dari sebelumnya.

“Ini juga untuk menunjang program pemerintah dalam hal menciptakan SDM Unggul, Indonesia Maju,” pungkasnya.(wie)       

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *