Pemerintah Tak Berangkatkan Jemaah Haji, CJH Tarik Biaya Pelunasan Haji

oleh -
TARIK PELUNASAN : Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Tuban Umi Kulsum Jelaskan Soal Penarikan Pelunasan Biaya Haji

TUBAN

Penulis : M.Rizqi

Link Banner

Lenterakata.com – Pembatalan pemberangkatan jemaah haji selama dua tahun berturut-turut membuat kebanyakan calon jemaah haji (CJH) agak cemas. Bahkan, ada yang menarik pelunasan biaya hajinya.

Di kantor Kementrian Agama (Kemenag) Tuban tercatat 8 (CJH) yang menarik biaya pelunasan haji. Penarikan biaya pelunasan tersebut dilakukan oleh 8 CJH yang batal berangkat ke tanah suci pada tahun 2020 yang lalu.

Sedangkan untuk CJH yang batal berangkat tahun 2021 ini, Kantor Kemenag Tuban mencatat belum ada yang menarik biaya pelunasan hajinya.

“Ya, ada yang menarik biaya pelunasan hajinya karena batal berangkat. Itu CJH tahun 2020.  Sedangkan CJH tahun 2021 ini belum ada yang menarik biaya pelunasan haji,” ujar Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Tuban, Umi Khulsum, Sabtu (12/6/2021).

Umi menjelaskan, penarikan biaya pelunasan haji sebesar Rp12,5 juta per jemaah itu di lakukan oleh CJH dengan berbagai alasan. Salah satunya untuk kebutuhan mendesak di tengah pandemi Covid-19 ini.

Menurut Ketua PC Fatayat NU Tuban ini, karena yang ditarik hanya biaya pelunasannya saja, maka CJH tersebut masih tercatat dalam CJH yang akan berangkat 2020. Artinya, mereka tetap diprioritaskan untuk berangkat duluan setelah kuota haji ditetapkan dan musim haji kembali dibuka.

‘’Yang diambil kan pelunasannya saja, jadi kuota tetap,’’ katanya.

Sekadar diketahui, pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Kementriaan Agama (Kemenag) RI resmi membatalkan pemberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) Indonesia 1442 H/2021 M, Kamis (4/6/2021).

Keputusan pembatalan itu dengan alasan pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19) yang masih melanda dunia, sehingga kesehatan dan keselamatan jiwa jemaah lebih utama dan harus dikedepankan.

Dalam hal itu, Menag RI Yaqut Cholil Qoumas juga telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021 M.

Batalnya pemberangkatan haji tahun 1442 H/2021 M itu juga berdampak bagi Calon Jamaah Haji (CJH) yang berasal dari Kabupaten Tuban. Ad 1.296 CJH asal Kabupaten Tuban yang telah siap berangkat tahun 2021 ini, menjadi batal.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *