Peduli, Bhabinkamtibmas Polres Tuban Bantu Kursi Roda untuk Warga Binaannya

oleh -
PEDULI : Bhabinkamtibmas Desa Pekuwon,Rengel,Tuban Memberi Kursi Roda Warga Binaaannya yang Membutuhkan

TUBAN

Penulis : M.Rizqi

Link Banner

Lenterakata.com – Sungkono (39), pria asal Dusun Randupagir Desa Pekuwon, Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban, Jawa Timur itu terlihat begitu sumringah ketika ada polisi yang menyambangi rumahnya.

Sudah tak asing lagi, polisi anggota Polres Tuban itu adalah Bripka Puguh Prasetyo, yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Polsek Rengel.

Pria yang mengalami kelumpuhan sejak sekitar 20 tahun lalu tersebut mendapatkan kado istimewa berupa kursi roda dan juga paket sembako dari Bripka Puguh, yang menjadi  Bhabinkamtibmas desa setempat.

Sambil duduk di atas kursi roda yang barunya, Sungkono menceritakan awal mula mengalami kelumpuhan. Bermula saat duduk di bangku kelas 1 MTs sekitar tahun 1994, ia jatuh ketika naik sepeda ontel.

Namun sakitnya tidak begitu ia rasakan kala itu. Hingga selang 3 tahun pasca kejadian kecelakaan itu, kala dia sedang berenang, tiba-tiba ia merasa tangan dan kakinya tidak bisa digerakkan.

Hampir saja tenggelam, untung saat itu ia dapat diselamatkan orang di sekitarnya. Semenjak saat itu Sungkono mengalami kelumpuhan pada tangan dan kakinya.

Lelaki yang juga punya nama alias “Sabar” ini mengaku sangat bahagia atas perhatian dan bantuan dari kepolisian kepadanya.

“Saya merasa senang atas perhatian dan bantuan dari Pak Bhabin dan Polsek Rengel. Sekali lagi kami sampaikan terima kasih semoga ini bermanfaat untuk saya dan berkah untuk Bapak Polisi,’’ungkap Sungkono.

“Saya tidak bisa membalas apa-apa, saya hanya bisa mendoakan semoga bapak sehat selalu dan diberikan kelancaran rejeki  oleh Allah SWT,’’ doa Sungkono kepada Bripka Puguh.

Di rumah yang berdinding batu bata itu, Sungkono hanya tinggal seorang diri. Untuk keperluan dan kegiatan sehari-hari ia dibantu oleh saudaranya yang tinggal di sebelah rumahnya.

Sungkono menambahkan, sebenarnya ingin berobat hingga bisa sembuh seperti sedia kala. Namun karena kendala biaya, keinginan itu masih belum tercapai. Meskipun begitu ia tetap selalu bersyukur dan menerima kondisinya sekarang ini.

Bripka Puguh Prasetyo menuturkan, bahwa sudah beberapa lama dia memperhatikan Sungkono yang aktif di media sosial Facebook dengan akun bernama “Sabar Pekuwon Rengel”. Ia merasa iba, terharu sekaligus takjub melihat kondisinya yang ternyata memang begitu memprihatinkan.

“Di tengah keterbatasannya, dia mampu memberikan hal positif dan bermanfaat di media sosial. Dia juga aktif sebagai admin salah satu forum jual beli di Facebook bahkan hanya dengan satu jari,” tuturnya.

Memang hanya dengan satu jari, namun Sungkono ini mampu dengan terampil mengetik huruf demi huruf di gawai maupun laptop yang menemaninya sehari-hari. Tentu hal ini merupakan sebuah anugerah dari keterbatasan darinya.

“Tentu hal ini membuat saya merasa bangga dengan dia. Perjuangannya menginspirasi banyak orang, dan sedikit yang kami berikan ini tentu tak sebanding dengan perjuangannya, namun semoga ini bermanfaat,” pungkas Bripka Puguh.

Sementara itu apresiasi datang dari Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono atas apa yang dilakukan oleh anggotanya tersebut.

“Ini tindakan yang sangat mulia. Sekaligus sebagai bentuk kepedulian anggota Polri selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” ucap AKBP Ruruh.

“Semoga ini bisa dijadikan contoh bagi anggota atau Bhabinkamtibmas lain, yang peduli dan bisa menyatu dengan warga binaannya,’’ katanya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *