Jika Proses Lancar, PAW Anggota FPKB yang Meninggal Selesai 3 Bulan

oleh -
PAW : Ketua DPRD Tuban M.Miyadi Sudah Memroses PAW untuk Anggota FPKB yang Meninggal

TUBAN

Penulis : M.Rizqi

Link Banner

Lenterakata.com – Ketua DPC PKB Tuban, sekaligus Ketua DPRD Kabupaten Tuban M.Miyadi mengatakan, proses pergantian antarwaktu (PAW) anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) yang meninggal bakal selesai maksimal 3 bulan.

‘’Itu kalau prosesnya lancar. Kita sudah mulai memroses untuk PAW,’’ ujar Miyadi.

Dia mengatakan, dengan meninggalnya satu anggota DPRD dari PKB yakni Yusuf, jumlah anggota DPRD Tuban tinggal 49 orang. Sedangkan jumlah anggota FPKB tinggal 15 orang, setelah ditinggal satu orang. Miyadi mengatakan, agar kinerja fraksi tidak terganggu, PAW diharapkan segera selesai.

Miyadi menjelaskan, bahwa almarhum Yusuf sebelumnya sudah setahun tidak bisa bekerja efektif karena sakit.

Proses PAW, jelasnya,  diawali dari pengajuan partai ke Ketua DPRD, kemudian Ketua DPRD mengajukan ke KPU Tuban. Setelah diverifikasi, KPU mengeluarkan penggantinya sesuai perundang-undangan.

Setelah KPU mengeluarkan pengganti, DPRD segera memproses persyaratan untuk diajukan ke Gubernur Jatim melalui Bupati Tuban. Berdasarkan perhitungan perolehan suara di Dapil 3, yang akan menggantikan almarhum Yusuf adalah Asep dengan perolehan 4.578 suara yang berada di urutan  kedua. Suara Asep selisih 190 suara dengan suara Yusuf yang berada di urutan pertama.

‘’Kita sudah ajukan surat KPU,’’ katanya.

Sementara, surat PAW dari DPRD Tuban telah diterima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin tertanggal 31 Mei 2021. Penggantinya adalah yang memperoleh suara sah terbanyak urutan berikutnya, dalam daftar peringkat perolehan suara dari partai politik dan
dapil yang sama.

“Masih proses verifikasi berkas. Kami belum sebut nama dulu,” kata Fathul Ikhsan Ketua KPU Tuban saat dikonfirmasi.

Sementara, Ketua FPKB DPRD Tuban Fahmi Fikroni merupakan kebutuhan mendesak. Ia ingin proses PAW segera digelar sebelum pergantian bupati terpilih.

“Kita butuh keseimbangan supaya kinerja Fraksi PKB di lapangan optimal,” tegas Roni yang juga Ketua Komisi 1 DPRD Tuban ini.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *