Gempa Bumi 5,2 Skala Ritcher Guncang Perairan Tuban, Warga Justru Tak Merasa

oleh -

TUBAN

Penulis : M.Rizqi

Link Banner

Lenterakata.com –  Gempa bumi berkekuatan 5.2 Skala Ritcher (SR) mengguncang perairan utara Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Selasa (16/2/2021) sekitar pukul 15.42 WIB.

Namun, kebanyakan warga Bumi Ronggolawe malah tidak merasakan ada guncangan. Hal ini dimungkinkan karena titik lokasi gempa berada di  perairan laut pantai utara (pantura). Yang melegakan, gempa ini tak berpotensi tsunami.

“Ya, memang ada gempa berkuatan sekitar 5.2 SR, namun tidak berpotensi Tsunami,’’ ujar kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, Rofiq Isa Manshur, Selasa sore.

Dia menyebut, penyebab gempa belum diketahui secara pasti. Namun, dia berpesan pada warga agar tetap tenang.

‘’Tetap tenang, jangan panik,’’ harapnya.

Sesuai catatan yang tersebar berdasarkan data dari akun BMKG, titik pusat gempa bumi itu terjadi di 21 kilometer Timur Laut Tuban-Jatim dengan kedalaman 649 kilometer.

Jika dari Kabupaten Bojonegoro berjarak 53 kilometer arah timur laut, dari Gresik tercatat jarak 61 kilometer arah barat laut. Juga berjarak 99 kilometer barat laut Surabaya serta 583 kilometer tenggara jakarta.

Sedangkan episentrum lokasi gempa bumi berada di 6.70 Lintang Selatan (LS)-112.05 Bujur Timur (BT).

Warga Tuban juga tak merasakan adanya gempa itu. Termasuk warga yang berada di pesisir laut utara Tuban. Justru mereka bertanya-tanya apa benar terjadi gempa.

‘’Saya tidak meraskaan apa-apa. Tadi ngobrol bareng sama kawan-kawan juga tidak terasa ada guncangan,’’ kata Suwandi salah satu warga.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *