Gelar Operasi Ketupat Candi Polres Blora Terima BKO Brimob Polda

oleh -
CEK SARANA : Bupati Blora Areif Rohman Didampingi Kapolres dan Dandim Mengecek Sarana yang Akan Digunakan Dalam Operasi Ketupat Candi

BLORA

Penulis : Supriyanto

Link Banner

Lenterakata.com – Polres Blora bakal diperkuat Satuan Brimob dari Polda Jawa Tengah selama pelaksanaan operasi Ketupat Candi pada 6-17 Mei nanti. Selain itu, sejumlah personel kesatuan dan intansi lain juga membantu.

Di antaranya personel TNI Kodim Blora, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan instansi lainnya. Sebanyak 254 personil yang bakal terlibat dalam operasi ini.

Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama mengungkapkan, dalam kegiatan Operasi Ketupat Candi 2021 ini, Polres Blora akan mendirikan lima posko, yaitu 3 Pos Pengamanan (Pos Pam), satu pos pelayanan dan satu pos penyekatan.

Pos pengamanan di tempatkan di Gagakan Kecamatan Kunduran, Pos Pam Simpang Tiga Wulung Randublatung dan Pos Pam Desa Ngampel Kecamatan Blora. Satu Pos Pelayanan, (Posyan) di Alun Alun Kota da Pos Penyekatan yang ada di perbatasan Cepu – Jawa Timur tepatnya di Pos Penyekatan Ketapang.

“Kita fokus pada Pos penyekatan di Ketapang, selain itu juga kita antisipasi titik keramaian seperti di mall, pusat perbelanjaan, alun-alun, lapangan Kridosono, taman seribu lampu dan tempat tempat lain yang berpotensi menimbulkan kerumunan warga,” ujar Kapolres.

Selain kegiatan di Pospam, petugas Polres Blora melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa dibantu unsur pemerintah desa telah melakukan pendataan terhadap warga pendatang yang masuk di wilayah kabupaten Blora.

“Kalau ada pemudik yang datang kita sekat di perbatasan, selain itu kita telah data warga yang datang atau pemudik di desa atau kelurahan melalui Bhabinkamtibmas, Babinsa dan aparat pemerintah desa untuk antisipasi jika warga pendatang tersebut positif Covid-19,” tambah dia.

Untuk persiapan operasi, Rabu, (05/05/2021), di halaman depan mapolres dilaksanakan apel gelar pasukan sebagai Inspektur Upacara Bupati Blora Arief Rohman.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0721/Blora Letkol Inf Ali Mahmudi, Kajari Blora, Ketua Pengadilan Negeri Blora, Danyonif 410 Alugoro, pimpinan DPRD, Kepala dinas dan instansi terkait, serta tamu undangan lainnya.

Arief Rohman membacakan amanat Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo yang intinya apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H,

Baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya. Operasi Ketupat 2021 adalah upaya Polri dalam mencegah penyebaran Covid-19 melalui penyekatan dan penegakan terhadap protokol kesehatan.

Bupati Blora Arief Rohman mengapresiasi dan terima kasih kepada jajaran Polres Blora, Kodim, serta instansi terkait lainnya yang akan melaksanakan tugas dalam Operasi Ketupat Candi 2021 untuk menjaga kesehatan serta kondusifitas Kabupaten Blora.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Polres, Kodim dan yang lainnya dimana akan melaksanakan Operasi Ketupat Candi 2021 untuk menjaga masyarakat kabupaten Blora,” ujar bupati.

Mengenai peningkatan aktifitas masyarakat di pusat perbelanjaan ataupun titik keramaian masyarakat lainnya menjelang lebaran, bupati menyatakan pemkab akan menjalin sinergi dengan Polres dan Kodim 0721/Blora untuk melakukan penertiban protokol kesehatan.

“Nanti Satpol PP akan dibantu TNI dan Polri melakukan penertiban protokol kesehatan, serta diatur ritmenya sehingga tidak menimbulkan penumpukan kerumunan, khususnya di mall untuk jam tutupnya juga akan diatur,” bebernya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *