Gelar Binrohtal Rutin Upaya Polres Tuban Memakmurkan Masjidnya

oleh -
SEIMBANG : Kegiatan Binrohtal untuk Menyeimbangkan Rohani dan Mental

TUBAN

Penulis : M.Rizqi

Link Banner

Lenterakata.com – AKBP Ruruh Wicaksono membawa Kepolisian Resor (Polres) Tuban terlihat semakin religious. Selain bangunan masjid Baitul Mu’min dua lantai yang megah di lingkungan Polres, AKBP Ruruh juga mewajibkan seluruh personelnya yang beragama Islam untuk memakmurkan masjid yang telah dibangun tersebut.

Sebelumnya, saat awal menjabat Kapolres mewajibkan seluruh personelnya saat menjelang pelaksanaan apel pagi untuk mengumandangkan asmaul husna di lapangan apel.

Berbagai kegiatan rohani dilaksanakan untuk memakmurkan masjid Baitul Mu’min, baik itu ibadah yang bersifat wajib maupun yang bersifat sunah.

Dalam ibadah wajib, Ruruh menghimbau personel yang beragama Islam untuk melaksanakan salat berjamaah khususnya shalat Dhuhur dan Ashar. Ketika mendengar azan segera menuju masjid untuk melaksanakan salat berjamaah.

“Saya minta yang selama ini enggan datang ke masjid, mari kita sama-sama makmurkan masjid ini. Bagi yang muslim segera menuju masjid untuk melaksanakan salat berjamaah saat azan terdengar,’’ ujar AKBP Ruruh.

Sedangkan dalam ibadah sunah, perwira polisi asal Ngawi itu mewajibkan personelnya untuk mengikuti berbagai kegiatan. Salah satunya Binrohtal rutin hari Kamis, seperti yang terlihat pagi ini (03/05/2021).

Dalam pelaksanaan pembinaan rohani dan mental (binrohtal) pagi ini Polres Tuban mengambil tema “bersuci dalam ibadah” dengan menghadirkan Gus Soleh dari Tuban.  Hal yang dibahas tentang tata cara berwudhu yang benar.

Juga dilaksanakan tanya jawab seputar materi tausiyah. Kegiatan diawali dengan salat sunah dhuha dan dilanjutkan dengan pembacaan surat Yaasiin serta tausiyah.

Kapolres Tuban menjelaskan bahwa kegiatan binrohtal rutin selain bertujuan memakmurkan masjid juga untuk memberikan siraman rohani bagi personel Polres Tuban

Menurut Kapolres, binrohtal ini penting bagi keseimbangan rohani personel. Karena seluruh personel harus mempunyai kesehatan jasmani dan rohani yang seimbang. Kegiatan itu juga sebagai sarana untuk meningkatkan iman dan taqwa personel.

‘’Karena sebagai anggota Polri banyak sekali kendala yang harus dilalui dalam pelaksanaan tugas sehari-har,’’ tandas Alumni Akpol Sanika Satyawada 2000 itu.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *