Disidak Kapolres, Personel Pelayanan SIM Polres Blora Terkejut

oleh -

BLORA

Penulis : Supriyanto

Link Banner

Lenterakata.com – Kapolres Blora Polda Jawa Tengah AKBP Wiraga Dimas Tama membuat anak buahnya terkejut.

Itu dilakukan saat Kapolres tiba-tiba inspeksi mendadak (sidak) di kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Satlantas Polres Blora, Jumat, (19/02/2021).

Para personel yang bertugas di Satuan Lalu Lintas Polres Blora termasuk yang melaksanakan pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) terkejut. Karena memang kedatangan orang nomor satu di Polres Blora itu sebelumnya tidak diberitahukan.

Dalam kesempatan itu, AKBP Wiraga langsung mendatangi dan memeriksa satu demi satu ruangan pelayanan. Tak hanya itu AKBP Wiraga juga sempat berdialog atau berkomunikasi langsung dengan pemohon SIM sambil menanyakan terkait pelayanan pembuatan SIM.

Kepada personelnya, AKBP Wiraga menekankan agar dalam pelaksanaan tugasnya, polisi bukan dilayani, tetapi harus menjadi pelayan bagi masyarakat.

”Bukan hanya Kapolres atau Kasat yang bisa mengawasi kalian semua. Namun saat ini masyarakat juga bisa mengawasi kinerja kita sekalian,” ujar Kapolres mengingatkan anggotanya.

AKBP Wiraga juga memeriksa peralatan yang disediakan untuk pengujian pemohon SIM. Seperti alat simulator, komputer ujian online, pengambilan sinyalemen, serta ruangan arsip data.

Itu dilakukan untuk memastikan apakah anak buahnya itu melaksanakan tugas serta menjaga peralatan yang disediakan dengan baik atau tidak.

Selain itu Kapolres juga menekankan, selama proses pelayanan di kantor Satpas SIM harus disiplin menerapkan protokol kesehatan, tidak hanya pemohon SIM saja, namun petugaspun wajib disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Protokol kesehatan harus dilaksanakan oleh semua, baik petugas maupun pemohon SIM, wajib memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” pinta Kapolres.

Setelah melakukan sidak, kepada seluruh petugas pelayanan penerbitan SIM dan Sat Lantas, Kapolres mengingatkan agar tidak main-main dalam pelaksanaan tugas termasuk tidak melakukan pungli.

“Untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani, Satuan Lalu Lintas Polres Blora harus bersih dari pungli. Tidak ada lagi pemikiran-pemikiran polisi lama yang harus dilayani. Namun mari lakukan pelayanan kepada masyarakat dengan baik, dan humanis,” pungkas Kapolres.

Ningsih, salah satu pemohon SIM mengaku senang dan terlayani dengan baik.

“Alhamdulilah pelayanannya bagus dan memperhatikan protokol kesehatan, sehingga aman dari Covid – 19,” kata Ningsih.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *