Dipastikan Sehat, 16 Nelayan yang Kapalnya Terbakar Dipulangkan

oleh -
PEMERKSAAN KESEHATAN : Para Nelayan yang Selamat dari Kapal terbakar Diperiksa Kesehatannya

TUBAN

Penulis : M.Rizqi

Link Banner

Lentarakata.com – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tuban AKBP Ruruh Wicaksonobersama Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon memantau langsung proses evakuasi 16 nelayan KM Bintang Jaya Mandiri yang terbakar.

Mereka mendarat di Pelabuhan PT TPPI Tuban setelah dijemput dari kapal tanker MT Queen yang menolongnya. Kapal MT Queen hanya bisa bersandar 6 mil atau sekitar 9 kilometer dari lokasi pendaratan.

Setelah sampai di pelabuhan TPPI dengan dijemput kapal tugboad, ke-16 nelayan itu menjalani pemeriksaan intensif. Setelah dipastikan sehat mereka diantar ke tempat asal masing-masing. Di antaranya di Subang dan Tasikmalaya Jawa Barat dan di Brebes Jawa Tengah.

“Setelah sampai di darat kita akan tes Genose untuk memastikan bahwa yang bersangkutan sehat tidak terpapar Covid-19 termasuk kesehatan fisik dicek. Setelah itu kita siapkan armada untuk mengantar kepulangan mereka ke alamat asal sesuai data yang kita terima,’’ ujar Kapolres.

Salah satu nelayan ABK kapal yang terbakar, Aswadi asal Indramayu menjelaskan kronologi penyelamatan dirinya bersama teman-temannya. Kapal tersebut sudah berada di laut selama 64 hari dari target 4 bulan untuk mencari ikan. Mereka mengambil lokasi yang jauh dari pulau dan tidak pernah menepi.

“Alhamdulillah Pak ditolong sama dia (kapal tanker), hanya ada kapal itu pak yang lewat. Kapal itu yang tahu pas kejadian, kalau tidak ada kapal itu tidak taulah nasib saya dan teman-teman gimana nyawa saya,’’ ucap Aswadi penuh rasa syukur.

Aswadi menjelaskan,  bahwa kapal tersebut tiba-tiba meletus di bagian mesin saat semuanya tertidur. Lalu kapal mulai terbakar.

“Asap dulu baru api di bagian mesin langsung meletus. Itu malam-malam pas kita tidur. Ada tiga oaring yang bangun saat itu. Namanya panik kita hanya sempat ambil 4 pelampung Pak takut meledak kapalnya. Teman yang lain pada mengapung di atas busa,’’ terangnya.

DIPULANGKAN : Setelah Dipastikan Sehat para Nelayan Dipuilangkan

Identitas 16 nelayan selamat dari kebakaran kapal itu adalah Ramin, Nono Cahyono, Sugeng Apriana, Agus Gunawan, Raswadi, Candra Suraya, Dede Sumantri, Didi, Agus, Sarma, Saeful, Caswanto mereka berasal dari Indramayu.

Sedangkan dari Brebes ada tiga orang yakni Supriyanto, Jaenal, Slamet Sanuri, sedangkan satu orang lagi berasal dari Subang bernama Rio Prabowo.

Sebelumnya diberitakan, kapal nelayan Bintang Jaya Mandiri terbakarnya kapal di perairan Pulau Jawa, tepatnya di wilayah Bangka Belitung. Beruntung, saat itu melintas kapal Master (MT) Queen Majesty yang dalam perjalanan dari Singapura menuju ke Indonesia.

Kapal besar ini tujuan sandarnya di terminal khusus TBBM di kawasan Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Terlihat kepulan asap membumbung tinggi dari tengah laut. Hanya, kapal ini tidak bisa terlalu dekat karena api dari kapal Bintang Jaya Mandiri yang terbakar terus berkobar. Sehingga upaya menolong korban membutuhkan waktu cukup lama.

Awak kapal Queen Majesty berhasil mengevakuasi 16 awak kapal yang terbakar tersebut. Sebagian besar mereka berasal dari Tasikmalaya dan Subang Jawa Barat serta Brebes, Jawa Tengah. Setelah ditolong, 16 awak kapal tersebut dibawa berlayar menuju ke pelabuhan di Kabupaten Tuban.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *