Dinkes Blora Imbau Warga Waspada Penyakit Diare

oleh -
PERLUAS TRACING : Plt Kepala Dinkes Kabupaten Blora Edy Widayat Menjelaskan Tindak Lanjut Klaster Hajatan

BLORA
Penulis : Ghina
Lenterakata.com – Dinas Kesehatan Kabupaten (Dinkes) meminta  pada warga mewaspadai penyakit diare setelah menjalankan puasa Ramadan.

Pejabat Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Edy Widayat mengatakan setelah menjalankan puasa biasanya dimanfaatkan warga untuk ‘balas dendam’ dengan menyantap  makanan secara berlebihan, terutama sajian kue dan  makanan saat malam hari atau ketika Lebaran.

Link Banner

“Kebiasaan ini kerap kurang disadari bahwa pencernaan belum siap bekerja optimal setelah  bekerja lamban,” jelasnya, di Blora, Jumat (14/5/2021).

Menurutnya, karena lambung masih dalam tahap transisi setelah istirahat, namun saat Lebaran banyak makanan dan minuman yang dikonsumsi meningkat  sehingga memicu penyebab penyakit diare.

“Sebaiknya, merayakan dan sesudah Lebaran harus sehat, dengan memperhatikan pola  makanan, jangan semua di konsumsi seperti balas dendam, tetap diwaspadai dan dijaga,” jelasnya.

Dikatakannya, Petugas Dinkes tetap siaga, baik selama puasa hingga Lebaran. Sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sudah menyediakan layanan rawat inap.

“Akan menjadi kurang baik, sesudah Lebaran mengalami sakit  seperti diare akibat pola makan yang berlebihan,” ucapnya.

Hal lain yang perlu menjadi perhatian bersama adalah mengendalikan persebaran virus Corona.

“Kesadaran bersama untuk patuh protokol kesehatan menjadi penting untuk mengendalikan persebaran Covid-19 di Blora,” terangnya.

Mamtan Camat Todanan ini berharap jangan sampai, setelah Lebaran justru memunculkan klaster baru, akibat ketidakpatuhan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Hindari kerumunan, kurangi mobilitas, pakai masker, sering cuci tangan, jaga jarak,” tegasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *