Begini Cara Nelayan Tuban Pilih Ketua di Tengah Pandemi

oleh -

TUBAN
Penulis : Sutrisno
Lenterakata.com – Adanya pembatasan kegiatan di masa pandemi covid 19 membuat masyarakat kreatif dalam berkegiatan.

Salah satunya yang lakukan warga nelayan Desa Palang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban Jawa Timur ini.

Link Banner

Para nelayan melakukan pemilihan ketua Rukun Nelayan (RN) dengan cara mendatangi langsung setiap pemilih dari rumah ke rumah Sabtu (13/2/2021).

Menurut ketua panitia pemilihan As’ad (36) hal itu dilakukan untuk menghindari kerumunan massa. Sebab, angka penyebaran covid di Kabupaten Tuban cukup tinggi.

“Iya untuk pemilihan ketua RN desa palang ini dilakukan dengan sistem dor to dor dikarenakan kita dalam masa pandemi covid 19, ” ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, tetap mengedepankan protokol kesehatan. aka dari itu panitia yang jemput suara dengan mendatangi satu persatu rumah yang mempunyai hak suara.

“Dengan begini demokrasi tetap terjaga,” tambahnya.

Selain itu As’ad juga berharap siapapun yang menjadi ketua RN ke depan bisa lebih baik dan amanah.

Sementara Kepala Desa Palang Agus Abdul Manan menyampaikan bahwa pemilihan ketua Rukun Nelayan (RN) Desa Palang yang dilakukan secara dor to dor ini bagian dari upaya melatih masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi covid 19.

“Iya mas,apalagi kesadaran pakai masker masyarakat kita masih rendah. Banyak yang gak pakai masker, padahal ribuan masker sudah kita bagikan. Semoga k Depan lebih baik,”kata pria mantan aktivis PMII tersebut.

Guna memutus mata rantai penyebaran covid 19, khususnya di desa yang dia pimpin, Agus pangilan akrabnya juga menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan mematuhi aturan serta arahan dari pemerintah.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *