Antisipasi HIV dan Korona, Lapas Tuban Periksa WBP

oleh -

TUBAN
Penulis: M.Rizqi
Lenterakata.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tuban memeriksa secara mendalam warga binaan pemasyarakatan (WBP) Jumat (13/3/2020).

Kegiatan itu dilaksanakan bersama Puskesmas Kebonsari Tuban. Pada kessmpatan itu juga ada sosialisasi perilaku hidup sehat dan bersih, etika batuk dan bersin. Juga pencegahan HIV/AIDS.

Link Banner

Kalapas Tuban Siswarno mengatakan, Lapas bekerjasama dengan Puskesmas Kebonsari untuk sosialisasi pencegahan penyakit menular.

Puskesmas kebetulan juga memiliki kegiatan yang sama yaitu proogram screening HIV/AIDS yang telah dilakukan sejak Kamis, (12/03).

“Kita ajak Puskesmas untuk penyuluhan atau sosialisasi tata cara hidup sehat, tata cara etika berbatuk dan lain-lain, agar menghindarkan dari penyakit menular,” ujarnya.

Siswarno mengungkapkan Lapas Tuban juga melakukan pencegahan virus Korona dengan cara pengecekan suhu tubuh pengunjung serta menyebarkan brosur penanganan Korona.

“Untuk mengantisipasi Korona kita sebar brosur pencegahan dan penanganan virus Korona sekaligus pengecekan suhu tubuh untuk setiap pengunjung,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kebonsari Lilik mengatakan sangat mendukung kegiatan sosialisasi tersebut.

Dengan adanya kegiatan itu dia berharap warga binaan yang tidak paham akan mengubah perilaku menjadi hidup bersih dan sehat.

“Sosialisasi ini saya harapkan mudah-mudahan memberikan perbaikan perilaku penghuni Lapas,” katanya.

Dia menekankan bahwa bila terdapat warga binaan yang terindikasi TBC maupun HIV tetap akan dipantau dan akan kita berikan pengobatan cara tuntas untuk HIV.

“Kita sudah bekerjasama rumah sakit karena ada yang positif karena nanti ada pemeriksaan lanjutan,” jelasnya.(wie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.