10 Pekerja Migran dari Singapura dan Malaysia asal Tuban Positif Covid-19

oleh -
KARANTINA : Kepala Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PM PTSP & TK Tuban, Endah Nurul Komariyati Menyatakan Pekerja Migran yang Terpapar Covid-19 Dikarantina

TUBAN

Penulis : M.Rizqi

Link Banner

Lenterakata.com – Sebanyak 10 orang pekerja migrant Indonesia (PMI) asal Tuban positif Covid-19. Mereka adalah warga dari 5 kecamatan yakni Kecamatan Soko, Palang, Bangilan, Grabagan, dan Montong.

Kepastian mereka positif Covid setelah dilakukan pemeriksaan terhadap mereka yang sebelumnya bekerja di luar negeri tersebut.

‘’Mereka bekerja di Singapura dan Malaysia,’’ ujar  Kepala Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PM PTSP & TK Tuban, Endah Nurul Komariyati, Selasa (11/5/2021).

Dia mengatakan, di Tuban kedatangan 34 pekerja migran yang bekerja di beberapa negara. Saat datang, mereka dijemput oleh petugas Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban dan masuk karantina di Tuban Sport Center (TSC) yang lokasi di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding.

‘’Ketentuannya memang demikian, pekerja migran harus dikarantina dulu selama 3 hari sebelum bisa pulang ke rumahnya masing-masing,’’ tambah Nurul.

Mantan Sekretaris Dinas Kesehatan ini menyebut, dalam proses karantina itu, mereka menjalanui rapid tes. Jika hasilnya reaktif maka dilanjutkan dengan tes swab. Jika diketahui positif mereka akan menjalani isolasi dan perawatan sesuai ketentuan.

‘’Sedang yang negatif, setelah karantina 3 hari bisa langsung pulang ke rumah masing-masing,’’ jelasnya.

Namun, dari pemeriksaan tersebut, 10 di antaranyta 34 orang pekerja migrant tersebut ternyata positif covid-19. Mereka kemudian langsung diisolasi di TSC dan ditempatkan dalam ruangan khusus yang terpisah dengan pekerja migran lainnya.

Mereka yang terpapar akan menjalani masa karantina selama 14 hari.
Endah Nurul Mantan memastikan pekerja migran yang terpapar dengan yang sehat berbeda ruangan.

‘’Mereka akan terus dipantau hingga waktu penjemputan oleh keluarga,’’ tandasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *