SMPIT Al Uswah Tuban antarkan Santiwatinya Juara I Dai Muda Nasional

oleh -

TUBAN
Penulis : M.Rizqi
Lenterakata.com – Prestasi gemilang tingkat nasional kembali diraih oleh Nabelqis Fisyatania Paras Asoca kelas 8D santriwati Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al Uswah Tuban.

Kali ini dara cantik ini berhasil tembus juara 1 tingkat nasional yang dihelat oleh SMA Muhammadiyah Cilegon, Banten. Ia mengangkat tema hikmah di balik pandemi Covid-19.

Link Banner

Ia mampu bersaing dalam lomba dai muda siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama/sederajat dengan peserta seluruh Indonesia.

Lomba digelar secara virtual. Nabelqis berhasil lolos meraih juara setelah penilaian tim juri yang berkompeten.

SMPIT Al Uswah Tuban salah satu lembaga pendidikan yang konsen dalam mengawal program pembinaan prestasi dan pendidikan Al-Qur’an untuk siswa-siswinya.

Siswa dibina dengan serius dan terencana. Di lembaga SMPIT Al Uswah Tuban, siswa-siswi didorong untuk terus berprestasi dengan mengikuti berbagai lomba.

Umu Rosida pembina dari Nabelqis mengatakan pada dasarnya siswi itu sudah memiliki kemampuan (kemampuan berbicara di depan umum dan body language).

“Kami pembina memoles ananda (membiasakan latihan, mengarahkan intonasi, mengarahkan tekanan kata, membulatkan suara)” katanya.

Umu terus mendampingi, membiasakan latihan, dan mengarahkan hal-hal yang kurang tepat dalam penampilan Nabelqis supaya hasilnya terbaik.

Persiapan yang ia lakukan dengan membuat teks da’i. Bedah teks da’i dengan menyesuaikan dengan bahasa yang enak digunakan.

Juga memberikan beberapa selingan teks supaya teks da’i tidak monoton. Seperti menambah lirik lagu dan pantun.

“Latihan setiap selesai pembelajaran di pondok. Sebelum pelaksanaan lomba virtual, memahami materi da’i, olah suara dan intonasi, menyesuaikan gerakan ketika tampil,” terang pendidik yang sarat prestasi ini.

Lebih lanjut, Rosida juga terus mendampingi ananda mulai dari merekam setiap proses latihan ananda untuk melihat ketepatan intonasi, ekspresi, dan durasi waktu. Take video da’i karena lomba bersifat virtual.

Kepala SMPIT Al Uswah Tuban, Iin Suryani mengungkapkan rasa syukur kehadirat Allah yang berkenan memberikan keberhasilan kepada Nabelqis.

Ini juara yang ke sekian kalinya dari Nabelqis. Sebelumnya ia juga juara Trensains Global Award, English Story Telling Tingkat Nasional Tahun 2020.

“Ini buah dari kerja keras ananda, guru pembina lomba dan doa orangtua,” ujarnya.

Menurutnya, siswa yang ada dididik sesuai dengan minat dan bakat masing-masing sehingga fokus pembinaannya.

“Ke depan lebih memprioritaskan upaya untuk menumbuh kembangkan minat bakat siswa sehingga segala potensi yang dimiliki bisa tersalurkan dengan baik,” lanjutnya.

Sedangkan, Mohamad Sahlan Direktur LPIT Al Uswah Tuban mengapresiasi atas prestasi santriwatinya yang tembus nasional.

Prestasi ini buah dari pendidikan selama di sekolah dan motivasi tinggi dari ananda, katanya.

“Selamat atas prestasi ananda, semangat untuk terus belajar dan meningkatkan kompetensi diri. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat untuk dunia akhirat,” ujuarnya.

Sahlan berharap, ke depan prestasi dari semua jenjang semakin banyak, baik prestasi siswa, guru, tenaga kependidikan dan kepala sekolah.

Karena prestasi lembaga merupakan buah keberhasilan mengasah kompetensi dari unsur di satuan pendidikan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *