APRI Gelar Bimtek Karya Tulis Ilmiah dan Menulis Berita

oleh -

TUBAN

Penulis : M.Rizqi
Lenterakata.com – Untuk meningkatkan kualitas mutu sumber daya manusia, APRI (Asosiasi Penghulu Republik Indonesia) cabang Tuban mengadakan bimbingan teknis penyusunan karya tulis ilmiah (KTI) kepenghuluan dan penulisan berita.

Link Banner

Acara digelar Ahad (06/10/2019) di aula Guest House Asmarqandi Kecamatan Palang. Sebanyak yang 50 orang peserta dari kepala KUA, Penghulu dan staf KUA hadir.

Ketua APRI Kabupaten Tuban, Nurpuat, S. Ag mengatakan, kegiatan bimtek penulisan karya tulis ilmiah penghulu dan penulisan berita itu sangat penting.

Selain untuk melaksanakan program kerja APRI, juga agar semua penghulu bisa menulis karya tulis ilmiah sebagai salah satu unsur penilaian angka kredit penghulu.

“Agar penghulu juga bisa menulis berita untuk mempublikasikan semua kegiatan yang dilaksanakan di KUA masing-masing,” ujarnya.

Dalam melaksanakan tugasnya, kata Nurpuat, penghulu tidak hanya menjadi petugas administrasi yang melaksanakan proses pencatatan nikah.

“Tapi juga memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengembangkan visi dan misi kementerian agama,” katanya di dampingi sekretaris APRI, Iswoyo, S.HI.

Kegiatan ini menghadirkan Pranata Humas Kemenag Tuban, Laidia Maryati, S.Ag, MA sebagai salah satu narasumber.

Dalam penjelasannya Laidia berharap kegiatan tersebut bisa membawa Kemenag, khususnya KUA ke arah yang lebih baik dan bisa menyampaikan informasi mengenai kegiatan KUA kepada masyarakat dengan cepat.

“Sebesar apapun kegiatan kita kalau tidak kita publikasikan akan percuma. Masyarakat tidak akan pernah tau. Semoga setelah ini muncul humas-humas baru sebagai pemberi informasi dari KUA kepada masyarakat,” harapnya.

Lebih lanjut wanita berdarah Pati dan Tuban ini menyinggung unsur pokok penulisan berita. Yaitu 5 W dan 1 H.

Apa, di mana, kapan, siapa, mengapa dan bagaimana harus bisa tertuang dalam satu berita dengan bahasa yang simpel, lugas dan mudah dipahami.

Kegiatan ini yang dilaksanakan dua hari, Sabtu Minggu itu juga menghadirkan narasumber dari wartawan dan dari juara I lomba karya tulis ilmiah penghulu tahun 2018, H. Ahmad Hadhiri, S.Ag, M. Ag, kepala KUA Kedungkandang kota Malang. (wie/lai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *