Pemkab Blora Studi Tiru di Batang Command Center

oleh -

BLORA

Penulis : Ghina

Link Banner

Lenterakata.com – Pemkab Blora melakukan studi tiru ke Batang Command Center (BCC) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah Selasa (26/1/2021).

Rombongan dipimpin Wakil Bupati Blora Arief Rohman. Selain bupati Blora terpilih ini, ikut dalam rombongan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Blora. Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka implementasi smart city di Kabupaten Blora.

Rombongan dari Blora diterima langsung Bupati Batang Wihaji, didampingi oleh Wakil Bupati, Wakil Ketua DPRD Batang, Sekda Batang beserta jajarannya, Kepala Bappeda serta Kepala Dinas Kominfo setempat.

Wabup Blora Arief Rohman menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan itu untuk mengetahui dan belajar seluk beluk Batang Command Center.

“Maksud kunjungan ini kami pertama untuk nyambung silaturahmi dengan Bupati Batang dan jajaran sekaligus untuk kulakakan ilmu, menambah pengetahuan, ngangsu kwaruh tentang Batang Command Cente,’’ ujar Arief Rohman.

Menurut Arief, hasil kunjungan itu diharapkan dapat diimplementasikan untuk membangun Blora Smart City.

‘’Kami juga meminta masukan dan saran untuk  ke depannya,” tambah Wakil Bupati.

Rombongan yang juga terdapat Wakil Ketua DPRD Blora Musthofa. Kepala OPD seperti Sekretariat Daerah, Bappeda, dan Dinkominfo dapat berdiskusi, menerima masukan dan saran dari Pemkab Batang dalam upaya implementasi smart city di Blora.

“Ini yang kita harapkan ke depan bisa bersinergi, sehingga sangu ilmu yang didapat dari Pemkab Batang dapat saya gunakan untuk gas poll memimpin Blora nantinya dan mengentaskan Blora dari kemiskinan,” harap Wabup.

Dilibatkannya sejumlah kepala OPD tersebut diharapkan dapat menyerap masukan dan saran untuk membangun Blora kedepannya.

Sementara itu, Bupati Batang menyambut baik adanya kunjungan itu. Pihaknya siap untuk turut mendukung pemerintah dalam memajukan Kabupaten Blora.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kunjungan dari Pemkab Blora, terkhusus hari ini saya dan Wabup berkesempatan menyambut rombongan yang dipimpin oleh sahabat saya Arief Rohman. Ini menjadi kehormatan bagi kami, silaturahmi sangat penting. Kami siap membantu yang kami bisa untuk Blora,” ungkapnya.

Bupati Batang selanjutnya memaparkan bahwa kondisi Batang tidak jauh berbeda dengan Blora.

“Batang dan Blora tidak begitu beda. Hampir sama. APBD maupun PAD nya tidak berbeda jauh. Bedanya hanya letak geografis, Batang terletak di pantura sementara Blora dekat dengan Bengawan Solo,” kata Bupati Batang.

Saat ini, menurut dia, negara sudah berubah. Karena sudah berubah, setuju tidak setuju dipaksa untuk menyesuaikan. Teknologi bergerak dengan cepat.

Untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat diperlukan basis data yang akurat.

“Single data system. Data adalah basis. Salah satunya adalah smart village yang ada di setiap desa dan anggarannya diambil dari dana desa,” urainya.

Bupati Batang Wihaji menjelaskan dengan Batang Command Center semua data terintegrasi 24 jam non stop.

“Di sini sudah bisa kita lihat, kita cek apa saja yang terjadi di wilayah Batang. Kalau ada apa-apa di masyarakat, bisa dilaporkan 24 jam dan untuk penanganannya dapat dilihat juga progresnya. Salah satu kelebihan Batang adalah SIM drive thru yang merupakan satu-satunya di Indonesia,” terang Wihaji.

Sementara itu, Sekda Blora, Komang Gede Irawadi, mengungkapkan bahwa kunjungan kerja kali ini akan segera ditindaklanjuti.

Usai melakukan rapat koordinasi, wakil bupati beserta rombongan meninjau langsung lokasi Batang Command Center dan berdiskusi terkait hal teknis.(wie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.