Pastikan Alsintan Tepat Sasaran

oleh -
PASTIKAN TEPAT SASARAN : Wabup saat Meninjau Alsintan untuk Memastikan Bantuan tersebut Tepat Sasaran

TUBAN

Penulis: M. Rizqi

Link Banner

Lenterakata.com – Petani di Kabupaten Tuban menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan). Bantuan tersebut harus tepat sasaran. Penerima alsintan harus kelompok atau petani yang memang membuutuhkan.

Untuk memastikan alsintan diterima di tangan tepat, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein melakukan monitoring dan evaluasi (monev) di Kecamatan Singgahan dan Parengan. Wabup didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Murtadji, Plt. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Penataan Ruang (PUPR) Edi Kartono serta Kabag humas dan protokol Setda, Rohman Ubaid.

Sebelumnya, monev yang sama telah dilakukan di wilayah Kecamatan Rengel, Soko, Widang, Plumpang, dan Palang. Direncanakan kunjungan akan dilaksanakan di semua Kecamatan Se-Kabupaten Tuban.

Menurut Wabup, kegiatan monev ini dilakukan untuk memastikan bantuan alat-alat mesin pertanian yang diberikan oleh pemerintah kepada kelompok tani (poktan) maupun gabungan kelompok tani (gapoktan) telah tepat sasaran, tepat guna, dan bermanfaat untuk petani.

‘’Dan yang paling penting, dengan kegiatan monev ini, kita ingin memastikan bahwa tidak ada bantuan alsintan yang nganggur atau bahkan dijual,’’ ujar wabup.

Dari hasil monev di sejumlah kecamatan tersebut, wabup bersyukur tidak menemukan adanya bantuan yang diselewengkan ataupun dijual. Bahkan mendapat banyak masukan dari para petani.

Menurutnya, bantuan alsintan, baik yang bersumber dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan), pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten Tuban masih dapat dimanfaatkan dengan baik oleh petani.

‘’Alhamdulillah, kita melihat bantuan yang diberikan telah tepat sasaran. Tetapi memang ada di beberapa tempat yang belum secara optimal dapat dipergunakan karena kondisi alamnya yang tidak cocok dengan bantuan yang didapat,’’ tuturnya.

Wabup menambahkan, bantuan alsintan ini sangat membantu petani dalam mengolah lahan pertanian yang ada di masing-masing poktan. Bantuan traktor misalnya, kini proses dalam mengolah tanah semakin cepat dan optimal dibanding saat membajak sawah dengan menggunakan sapi.

Begitu juga dengan bantuan transplanter (alat menanam padi) dan combine harvester (alat pemanen padi). Dengan adanya bantuan alat modern tersebut, proses menanam dan memanen padi semakin mudah dan cepat.

‘’Harapannya, dengan adanya bantuan alsintan ini, kesejahteraan petani semakin baik. Dengan hasil pertanian yang semakin meningkat, sehingga ketahanan pangan bisa betul-betul terjaga,’’ tegas wabup dua periode ini.

Selain itu wabup juga menyampaikan bahwa, kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui secara detail setiap persoalan yang dialami petani secara riil. Sehingga, bantuan yang akan diberikan kepada petani bisa tepat sasaran dan tepat guna.

‘’Ke depan, diharapkan bantuan untuk petani akan terus dapat kita tingkatkan. Kebutuhan pupuk dan bibit juga akan kita cukupi, sehingga produksi pertanian kita semakin meningkat,’’ harapnya.(wie)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *