Ketua DPRD : Radio Punya Peran Strategis

oleh -
DUKUNG RADIO : Ketua DPRD Blora HM Dasum Mendukung Keberadaan RAdio

BLORA

Penulis : Ghina

Link Banner

Lenterakata.com – Ketua DPRD Blora HM Dasum, mengatakan radio punya peran strategis sebagai media yang komunikatif dan alat komunikasi massa. Karena dapat mengirim informasi ke masyarakat luas. Hal itu disampaikannya dalam rangka peringatan Hari Radio Nasional ke-75 tahun 2020.

“Dalam sejarah perjalanannya kehadiran radio nasional sangat penting bagi kehidupan manusia. Dirgahayu Radio Nasional ke-75. Semoga selalu jaya di udara. Sukses selalu di udara. Sekali mengudara tetap mengudara dengan menyampaikan pesan dan informasi yang mengedukasi publik,” kata HM Dasum, di Blora, Jumat, (11/9/2020).

Di tengah pandemi Covid-19, menurut HM Dasum, radio sangat berguna sebagai media yang strategis. Seperti memberikan program pembelajaran sekolah kepada siswa dan menyampaikan pesan imbauan kepada warga masyarakat tentang protokol kesehatan Covid-19. Serta dialog interaktif yang mencerahkan.

“Di tengah merebaknya wabah Covid-19, radio bisa mengambil peran dan dengan cepat mengambil langkah-langkah strategis, untuk kepentingan bangsa dan negara. Format siaran untuk mengedukasi publik terkait Covid-19 dalam bentuk dialog interaktif menjadi sangat penting,” ungkapnya.

Ia menyebut bahwa selama ini, DPRD Kabupaten Blora selalu memanfaatkan radio untuk menyiarkan secara langsung acara rapat paripurna terbuka.

“Selama ini, setiap ada rapat paripurna DPRD, selalu disiarkan langsung melalui LPPL Radio Gagak Rimang Blora. Dengan tujuan bisa diikuti dan disimak langsung oleh warga masyarakat,” kata HM Dasum.

Menurut Dasum, radio juga merupakan salah satu media paling strategis dalam menyukseskan Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang.

“Radio sebagai media elektronik yang punya peran penting atas sukses penyelenggaraan Pilkada 2020, karena Radio akan mendorong partisipasi publik untuk menggunakan haknya dalam pemilu,” jelasnya.

Sementara itu Direktur LPPL Radio Gagak Rimang Blora, Kasiyanto, mengatakan siap setiap waktu jika ada lembaga pemerintah, swasta dan sekolah  dan lainnya yang akan menyampaikan dialog interaktif serta program acara rutin.

“Kami siap, silahkan dimanfaatkan untuk program acara atau dialog interaktif dengan ketentuan penyiaran yang diberlakukan pemerintah,” kata dia.

Memasuki era digital seperti sekarang ini, jika dilihat dari banyaknya media yang menyajikan beragam informasi dan hiburan. Sepertinya nasib radio akan tersingkirkan, tapi hebatnya, radio saat ini masih tetap eksis dan berkontribusi penuh sebagai media informasi bagi masyarakat.

“Meski hanya mengeluarkan suara atau audio, justru inilah kekuatan utama radio,” ucapnya.

Pihaknya terus berbenah untuk menyajikan informasi dan program acara yang menarik serta mudah diakses baik melalui pesawat radio atau melalui streaming.(wie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *