Bupati Blora Luncurkan Portal Satu Data

oleh -
SATU DATA : Dengan Portal Satu data yang Diluncurkan, Diharapkan Tidak ada Lagi Tumpang Tindih Data

BLORA

Penulis : Supriyanto

Link Banner

Lenterakata.com – Bupati Blora, Jawa Tengah Arief Rohman bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati Jumat (4/6/2021) melaunching penggunaan Portal Satu Data yang disiapkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), bekerjasama dengan OPD terkait.

Peluncuran dilakukan di ruang pertemuan Setda Kabupaten Blora, disaksikan Sekda Komang Gede Irawadi, serta Kepala OPD hingga para Camat. Acara dilangsungkan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Launching dilakukan bupati dengan menekan layar video wall yang terpasang di dalam ruangan, yang menampilkan video pendek profil portal Satu Data Blora.

Kepala Dinkominfo Blora Sugiyono menyampaikan, bahwa portal Satu Data Blora adalah sebuah inisiatif pemerintah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data pemerintah.

Program ini masuk sebagai salah satu program 99 hari kerja Bupati Arief Rohman dan Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati.

“Satu Data ini memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman bagi instansi daerah dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data,’’ ujar Sugiyono.

Selain itu, lanjutnya, mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan. Serta mudah diakses dan dibagikan antar instansi pusat dan daerah, secara terintegrasi.

Selain itu, menurutnya juga untuk mendorong keterbukaan dan transparansi data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis pada data.

“Semua data pemerintahan, kondisi sosial, ekonomi, budaya hingga statistik kependudukan dan lain sebagainya tersaji semua dalam portal ini,’’ tambah dia.

Pembaharuan datanya pun, kata mantan Sekwan ini, bisa dilakukan secara berkala. Jadi tidak hanya data dinamis, namun juga data statis.

‘’Portalnya bisa diakses melalui laman http://data.blorakab.go.id/,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Komang Gede Irawadi, menambahkan, adanya portal Satu Data Blora ini diharapkan ke depan bisa menjadi embrio pendirian Command Center. Menurut Sekda, Blora memang butuh ketepatan data yang terintegrasi dengan seluruh OPD agar bupati dalam menentukan kebijakan bisa sesuai sasaran.

“Apalagi Pak Bupati dan Bu Wakil sangat paham teknologi dan aktif media sosial, sehingga data yang akurat sangat perlu kita sajikan dalam command center,” ungkap Sekda.

Bupati mengucapkan terimakasih dan berharap portal Satu Data Blora ini bisa terus dikembangkan dan dilanjutkan agar Command Center bisa benar-benar diwujudkan.

Menurut bupati, sebelumnya sering dijumpai ketidaksamaan data antara satu OPD dengan OPD lainnya.  Sehingga tidak sinkron dan dalam menyalurkan program sering tumpang tindih hingga tidak tepat sasaran.

‘’Dengan Satu Data Blora ini, semoga hal-hal seperti itu tidak terjadi lagi. Kita tinggal klik dan control programnya dengan membuka portal lewat smartphone maupun nanti melalui Command Center,” harap Bupati.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *