Hadiri Cipta Kreasi Kuliner, Wabup Minta UMKM Terus Berinovasi

oleh -

TUBAN

Penulis : M.Rizqi

Link Banner

Lenterakata.com – Wakil Bupati Tuban, Jawa Timur Noor Nahar Hussein menghadiri cipta kreasi kuliner oleh-oleh khas Tuban. Acara digelar di Pendopo Kridho Manunggal Tuban, Rabu (03/02/2021).

Wabup minta agar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terus berinovasi untuk agar semakin berkembang. Sehingga bisa menopang dan menjadi alternative perekonomian daerah di masa pandemi ini. Wabup juga menyerahkan piala bergilir bago pemenenang.

Acara dihadiri  Kasdim 0811/Tuban Mayor Arh Teguh Prasetyo Wasis, perwakilan Kamar Induk UMKM Tuban, perusahaan swasta, dan pelaku UMKM dari sejumlah kecamatan.

Wabup Noor Nahar Hussein  menyampaikan apresiasi atas kreasi kuliner dengan mengambil bahan dasar berupa hasil kekayaan Tuban tersebut.

Melalui cipta kreasi kuliner, sebagai wujud mencari jati diri. Olahan makanan bisa berupa makanan original maupun kreasi kekinian.

“Karakteristik atau ciri khas Kabupaten Tuban tetap ada namun dikemas dengan lebih menarik,” ujar Noor Nahar Hussein.

Selaras dengan hal tersebut, pemkab Tuban akan terus mendukung pengembangan inovasi di wilayahnya. Salah satunya kegiatan peningkatan promosi, dan perluasan pasar untuk produk UMKM.

Melalui cara itu diharapkan mampu meningkatkan omset penjualan UMKM, sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Pada masa pandemi Covid-19, UMKM menjadi alternatif penguatan sektor wisata dan ekonomi di Tuban,” tambah mantan Ketua PCNU Tuban itu.

Ia berharap, Kamar Induk UMKM Tuban bersinergi dengan Diskoperindag Tuban untuk memotivasi UMKM agar terus berinovasi.

Dengan memanfaatkan teknologi terbaru, pengembangan produk UMKM dapat menembus batas wilayah. Tidak menutup kemungkinan mampu mengundang investor dari luar daerah.

Keterlibatan generasi milenial di sektor UMKM, sambung wabup dua periode ini, akan menjadi angin segar terhadap pengembangannya.

Adanya campur tangan generasi muda diharapkan mampu mendobrak paradigma lama kuliner khas suatu daerah. Kuliner dapat memiliki wajah baru yang lebih menarik.

“Rasa kuliner yang enak harus diimbangi dengan tampilan yang elegan untuk meningkatkan kualitas maupun nilai jual produk UMKM,”pesannya.

Sementara itu, Ketua panitia lomba Aulina Umazah, dalam laporannya menyebut kegiatan ini diikuti 47 pelaku kuliner.

Seluruh kreasi kuliner dinilai langsung oleh Persatuan Chef Profesional yang selanjutnya ditentukan 5 besar kuliner terbaik.

Aulina Umazah mengatakan, kegiatan ini sebagai wadah untuk memperkenalkan berbagai kuliner khas Tuban. Juga membuka kesempatan bagi pedagang untuk mempromosikan produknya.

Beberapa olahan kuliner yang ditampilkan di tempat kegiatan di antaranya dumbeg, bolen siwalan, dan kerupuk dari kulit pisang.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *